Kementerian Perhubungan Republik Indonesia - Penuhi Syarat, Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Dapat Beroperasi

Jakarta, Agustus 3, 2016

JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah melakukan verifikasi dan simulasi terhadap operasi pelayanan dan kesisteman Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, pada Senin (1/8) lalu. Hasilnya, terminal 3 telah memenuhi syarat dan dinyatakan dapat beroperasi.

“Sesuai komitmen bersama dengan pihak terkait yaitu Angkasa Pura II, Airnav, maskapai Garuda Indonesia dan Gapura Angkasa. Kami telah melakukan simulasi dan hasilnya telah disampaikan oleh Dirjen Perhubungan Udara melalui surat terkait rencana pengoperasian terminal 3,” jelas Direktur Bandar Udara Yudhi Sari Sitompul pada acara jumpa pers di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Rabu (3/8).

Dalam lampiran surat Berita Acara Simulasi Operasi Pelayanan yang dikeluarkan Direktur Jenderal Perhubungan Udara kepada Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) tertanggal 2 Agustus 2016, menyatakan bahwa terminal 3 sudah bisa beroperasi.

Yudhi meminta kepada pihak Angkasa Pura II, Airnav, Garuda Indonesia, dan Gapura Angkasa untuk terus melakukan simulasi dan pemenuhan seluruh catatan dari hasil verfikasi yang dilakukan sampai dengan tanggal penetapan pengoperasian yang telah ditetapkan oleh Angkasa Pura II yaitu tanggal 9 Agustus 2016.

Menurut Yudhi, simulasi dilakukan dalam rangka pemenuhan aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan, diantaranya : sesuai dengan Civil Aviation Safety Regulation (CASR) nomor 171, 172, dan 139, PM 27 tahun 2015 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional, , PM 77 Tahun 2015 tentang Standarisasi dan Fasilitas Bandar Udara, PM 178 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara, serta UU nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

“Yang disyaratkan oleh Kemenhub telah dapat dipenuhi. Sesuai komitmen bersama, AP II dan pihak terkait agar terus melakukan simulasi sampai dengan tanggal penetapan yang telah ditentukan oleh AP II,” jelas Yudhi.

Jumpa pers tersebut dihadiri pula oleh Direktur Utama AP III Djoko Murjatmodjo, Corporate Secretary Airnav Indonesia Didiet, Direktur Pelayanan Garuda Indonesia Nicodemus P. Lampe, dan Direktur Operasional Gapura Angkasa Sucipto.

Dalam kesempatan tersebut, AP II menyatakan telah menerima surat dari Dirjen Perhubungan Udara dan kemudian melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait untuk mempersiapkan pengoperasian Terminal 3 tahap satu yang akan mulai beroperasi pada 9 Agustus 2016 pukul 00.01 WIB (Selasa dini hari). (RDH/TH/SR/HP). Sumber dephub.go.id. fm/americaindo

0