Sanggar Kesenian Manado di Amerika Terbentuk

Tidak dapat disangkal bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia yang wilayahnya terbentang dari Sabang sampai Marauke memiliki ragam kekayaan Seni dan Budaya yang luar biasa, di antaranya Seni dan Budaya dari Bumi Nyiur Melambai.

Warisan leluhur dari bumi ini; ketika mengerjakan sawah, ladang atau membangun rumah, masyarakatnya secara bersama-sama akan saling membantu; ketika menghadapi musibah, masyarakatnya akan saling menopang; ketika panen atau memasuki rumah baru, masyarakatnya akan bersukacita secara bersama. Budaya ini dilambangkan dalam bentuk seni tari dan musik.

Mengingat betapa tinggi dan luhur nilai-nilai budaya ini tidak hanya bermanfaat bagi kehidupan dimasa lalu tetapi juga bagi kehidupan masa kini dan masa mendatang, maka masyarakat Minahasa yang berasal dari Manado Sulawesi Utara yang berdomisili di California Selatan merasa terpanggil untuk menggali terus budaya ini dan menumbuh-kembangkannya di Amerika melalui sebuah wadah yang disebut “Sanggar Kesenian Manado”.

Guna memperkuat pelestarian budaya Nyiur Melambai pada Minggu, 27 September 2015, di Kota Rialto, California, Amerika Serikat sejumlah warga Minahasa yang berdomisili di California Selatan membentuk Sanggar Kesenian Manado (SKM) sebagai organisasi yang bertumbuh positif dan mempunyai kerja nyata serta mampu menciptakan keharmonisan di antara masyarakat asal Manado, Sulawesi Utara yang merantau di USA melalui sarana kesenian.

Acara pertemuan pembentukan SKM ini diawali dengan doa oleh Johanis Wowor yang berasal dari Tomohon dilanjutkan pemilihan dengan hasil komposisi pengurus SANGGAR KESENIAN MANADO (SKM) adalah Ketua Umum Welly Rey, Wakil Ketua Carla Taroreh, Sekretaris Fredie Maramis dan Bendahara Joula Mawikere.

Berdasarkan fakta dan idialisme di atas, maka:

Visi SKM adalah ‘Pemelihara Budaya Luhur Minahasa’ dan

Misi adalah:

  • Menciptakan dan mengembangkan minat dan bakat masyarakat Indonesia di California dalam bidang seni dan budaya Minahasa.
  • Mengadakan latihan guna meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan seni dan budaya Minahasa
  • Mengadakan acara pementasan rutin atau incidental.
  • Mengadakan diskusi untuk pengembangan seni dan budaya Minahasa di California.
  • Melestarikan dan memperkenalkan seni dan budaya Minahasa ke generasi kedua dan seterusnya di California USA.
  • Bekerjasama, mendukung dan mempromosikan program-program pemerintah di bidang seni, budaya dan periwisata.
  • Menciptakan keharmonisan melalui sarana kesenian.

Source: SKM

0